Rabu, 20 Januari 2016

Sahabat?



Yak, balik lagi gue membayar utang menulis di sini malam ini. Hmm, sebenarnya gue engga tau sih tulisan ini masuk ke utang yang sebelumnya gue tulis apa engga, tapi entah kenapa dari tadi kepikiran hal ini. Daripada membusuk sendiri di pikiran mending gue bagi juga deh ke kalian. Siapa tau bisa jadi bahan renungan bareng #ea #pembukaanbijak.

Sepertinya arti ‘sahabat’ di mata gue selalu berganti. Dari jamannya SMP, pas gue masih alay yang kalau foto pake gaya Rian d’Masiv (Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini hiks), gue baru ngerti tuh kalo ‘sahabat’ sama ‘teman’ artinya beda. Teman tuh yang yaudah sekadar tahu aja, sedangkan sahabat itu teman yang dekat banget sama kita. Beranjak SMA, udah mulai sadar nih enggak boleh alay karena udah mulai ‘dewasa’, gue baru nemuin arti lagi kalau sahabat tuh engga harus siapa yang deket sama kita. Yang penting adalah siapa yang selalu ada buat kita. ((selalu ada buat kita)) hhhhhh. Gue malu sama pemikiran sok dewasa gue itu...

Sekarang pas udah kuliah gini, tiba-tiba gue dapet pencerahan lagi nih ‘sahabat’ yang bener tuh kaya apa. Ada satu peristiwa yang bikin gue mikir ulang tentang ini sebenarnya. Jadi kemarin, waktu liburan ini juga, gue sempet ketemuan sama temen-temen SMP. Kita berempat tuh dulu sampai punya geng gitu, namanya “imaginaerz”. Kenapa namanya itu? Gue juga enggak tau, padahal itu yang namain gue loh hahahahaha ya Allah makin ketahuan alaynya. Seinget gue sih, gue namain itu dulu karena kita tuh sama-sama suka berkhayal. Jadi, ya gitu. Imajinasi. Well, back to topic. Terakhir ketemu sama mereka tuh kalau engga salah setahun yang lalu. Udah lama banget kan. Sama-sama udah sibuk masing-masing, mana jadwal kuliah kita enggak sama, yaudah jadinya bisa ketemu kalau lagi libur gini aja, Tapi gue bersyukur masih bisa bertemu mereka kemarin ini walau cuma sebentar.

Banyak banget yang kita obrolin. Dari mulai masa lalu, temen, kuliah, sampai cowo. Yah, yang terakhir mah pasti ya diomongin sama cewe-cewe. Waktu 3 jam enggak berasa sama sekali (yaiyalah). Oh, iya, jadi waktu itu kita ketemuan di salah satu tempat jualan roti bakar gitu, tapi karena waktu maghrib udah dateng dan di sekitar situ enggak ada masjid, kita mutusin buat ngelanjutin obrolan sambil numpang sholat di rumah salah satu temen yang deket, Sherly. Lanjut ngobrol-ngobrol dan selfie dikit abis sholat, enggak lama akhirnya kita mutusin buat pulang. Sebelum pulang, gue minta izin ke Sherly buat ke toilet mau pipis. Salah satu temen gue, namanya icha, nyeletuk “Echa nih masih aja kebiasaan harus pipis sebelom pergi”. Denger itu gue kaget sumpah, spontan nanya, “lah, kok lu masih inget aja Cha?”

Beneran gue kaget kebiasaan kecil kaya gitu aja masih diinget sama temen yang udah kenal gue dari 8 tahun ini, tapi padahal jarang banget ketemu. Ketemu juga setahun sekali palingan. Enggak tau kenapa rasanya senang banget haha. Terus jadinya arti sahabat menurut gue mulai sekarang berubah lagi. “Sahabat itu bukan hanya yang paling dekat dengan kita, paling mengerti, atau yang selalu ada buat kita. Tapi sahabat itu yang mengerti dan mengingat hal-hal yang keliatan sepele tapi penting menurut kita.” Pipis sebelum pergi tuh keliatan sepele kan, tapi menurut gue itu harus dilakukan untuk menambah kenyamanan gue saat di perjalanan :’)

Kemarin-kemarin gue juga sempet liat quote yang bilang kalau mempunyai banyak sahabat malah bisa menimbulkan depresi. Mungkin gue yang dulu bakal bingung; kok bisa? Tapi gue yang sekarang melihatnya sambil senyum. Gue ngerti rasanya apa. Karena gue sempet ngalamin. Intinya semakin banyak sahabat yang kita punya, semakin banyak waktu dan tenaga yang kita pakai untuk mereka. punya sahabat tuh merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai makhluk sosial loh. Kita harus selalu bisa seenggaknya mastiin kalau sahabat kita enggak kenapa-kenapa. Kita juga harus bisa seenggaknya nyediain waktu untuk bertemu mereka. Dan lain-lainnya. Belum lagi kita sebenernya masih punya diri sendiri yang harus diurus sendiri juga. Kalau enggak bisa melaksanakan itu semua? Ujung-ujungnya ngerasa sedih. Merasa bukan sahabat yang baik untuk mereka. Been there, done that.

Abraham Maslow, salah satu psikolog terkenal, pernah bilang kalau orang yang dirinya sudah teraktualisasi (self-actualized) biasanya hanya memiliki 2 atau 3 sahabat. Menurutnya tidak penting punya banyak sahabat yang penting adalah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mereka.

Makanya sekarang-sekarang ini, entah kenapa tanpa sadar gue seperti menyeleksi lagi siapa-siapa aja yang bener-bener bisa jadi sahabat. Bukan berarti yang tadinya sahabat terus bisa gue buang gitu aja. Enggak, enggak gitu. Gue tetep mengusahakan jadi seseorang yang bisa membantu mereka. Cuma mungkin waktu gue enggak sebanyak itu lagi untuk mereka. Makin dewasa, kesibukan kita juga emang bertambah, kan?

- Deska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar