Jumat, 22 Januari 2016

Kalau Mau Jadi Psikolog, Harus...


Ketika cita-cita lo mengharuskan untuk membantu orang lain tapi kenyataannya diri lo sendiri belom tertolong itu rasanya bingungin ya. Ini kalimat pertama tulisan aja udah ngejelimet, semoga sisanya dapat dimengerti ya. Kalau enggak ngerti? Yaudah. Gue nulis buat diri sendiri kok (wow deska selfish). Biar lega aja curhat di blog. Lagian kayaknya ini blog enggak ada yang baca. Nah, kalau kamu bisa baca tulisan ini, selamat, mungkin kamu seorang dari hanya beberapa orang yang beruntung bisa baca ini (re: nyasar) (makin ngawur, yak lanjut).

Gue punya impian bisa membantu orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. That’s why gue sekarang ada di jurusan Psikologi. Berusaha untuk lulus S1 agar bisa bekerja, mencari uang, untuk melanjutkan pendidikan ke S2. Kenapa S2? Karena yang bisa jadi psikolog kalau udah lanjut ke S2.

Dulu ada yang bilang kalau masuk ke jurusan psikologi tuh berobat jalan. Ada sesuatu yang ‘enggak bener’ di diri kita yang kemudian bisa diobati perlahan-lahan ketika lo tau makin banyak tentang manusia di sini. Awalnya gue enggak ngerasa punya masalah apapun. Tapi semakin lama, gue semakin sadar ada beberapa masalah yang sebenarnya diem-diem gue punya tapi baru sadarnya sekarang.

Ternyata gue orangnya bukan seseorang yang bisa melupakan begitu saja masa lalu yang lumayan menyakitkan. Maafin sih bisa, yaudahlah mungkin semua orang emang pernah khilaf. Tapi ngelupain? Waw, butuh waktu lama ternyata. Sepertinya udah enggak ada masalah sama orangnya, tapi sama peristiwanya. Ada trigger sedikit langsung kepikiran. Sedih lagi, nangis lagi, kecewa lagi. Rasanya kaya pertama tahu dibohongin. Sakit.

Makanya sekarang lagi berusaha buat berdamai sama masa lalu. Kalau ditanya udah usaha belum? Jawabannya sedang. Beneran lagi berusaha. Tapi ya itu tadi gue bilang, enggak mudah. Kayaknya butuh waktu lama. Dan butuh kesabaran menghadapi orang macam gue. Asli gue aja kesel dan cape banget sama diri sendiri. Gimana orang lain ya. Makanya suka kepikiran, ada orang yang enggak pernah cape dan kesel menghadapi gue kayanya keajaiban banget. Saat ini ada sih, dan semoga terus ada, aamiin.

Kalau mau jadi psikolog, sebelum bantu orang lain, gue harus bantu diri sendiri dulu. Jadi buat kalian yang doain atau ingin melihat gue jadi psikolog, doain juga ya gue dapat berdamai dengan mudah sama diri sendiri dulu.

- Deska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar