Sabtu, 11 Januari 2014

Musik


Hallo semuaaaaa. Lagi apa? Menikmati rintik-rintik hujan ya? Miris amat HAHAHAHAHAHAHAsama. Ini malam Minggu (sengaja enggak gue ubah Sabtu malam, biar keliatan strong). Hujan turun. Waktu yang tepat untuk bersantai di rumah....

Apa? Iya gue tau hampir 99.9999% yang baca ini pasti bilang itu alasan basi banget buat para jomblo. Hanya 0.0000001%  –yaitu gue– yang bilang kalau alasan itu benar adanya. Eh seriusan, gini deh. Walaupun gue ada janji sama seseorang atau sekelompok orang, kalau turun hujan sih gue mikir-mikir lagi (kecuali  dijemput. Kecuali juga, sih, tergantung janjian sama siapa huehehe :v). Lagian ini kan masa-masa liburan, mending puas-puasin di rumah deh sob ngumpul bareng keluarga sebelum nanti balik ke perantauan lagi, iya, enggak? (padahal tiap weekend juga balik).

Kali ini gue mau bahas tentang pengalaman bermusik gue (((PENGALAMAN BERMUSIK))). Hahahaha ini apa banget, serasa gue jago main musik. Main gitar aja senar langsung putus satu (enggak, ding, bercanda). Ya intinya gue mau ceritain tentang musik di sepanjang waktu yang udah gue lalui dalam hidup ini *tsah*.

Setiap orang pasti suka musik. Gue jamin. Cuma mungkin kadarnya aja yang beda-beda. Ada yang sekadar suka, ada yang cinta mati sama musik. Kalau enggak dengerin musik sehari dia bisa stress *serius ini ada*.

Bagi gue, musik itu pelengkap hidup. Gue suka musik tapi gue enggak berlebihan banget. Lagian kan katanya segala hal yang berlebihan itu enggak baik :D mengenai jenis musik, gue enggak terlalu fanatik suka ke suatu jenis. Gue suka musik apa aja selama itu bisa membuat gue bahagia.

Sekarang ngomongin alat musik. Sebenarnya dari kecil gue udah interest main alat musik. Waktu SD, gue ikut ekskul marching band :D gue sempet megang tenor, bass, dan pianika. Rasanya bahagia banget waktu maininnya haha. Terus sempet juga dikadoin ulang tahun keyboard sama mama papa tapi sayangnya enggak gue dalami belajarnya. Sayangnya, di SMP dan SMA gue enggak bisa nerusin kesenangan gue ini. Di dua sekolah selanjutnya itu enggak ada ekskul marching band atau yang sejenisnya. Tapi gue agak terhibur sedikit, di term 2 ini rencananya gue mau ambil mata kuliah buat MPK-seni, yaitu.....Karawitan Jawa. Kayaknya seru! :D

Nah sekarang-sekarang ini gue lagi mupeng banget bisa main gitar. Dari dulu sih, tapi sekarang makin-makin. Semenjak masuk kuliah. Karena gue melihat banyak kesempatan untuk belajarnya hehe. Awal-awalnya gue punya temen yang jago main gitarnya. Terus dia suka cerita-cerita tentang gitar, karena itulah ketertarikan buat bisa maininnya terbit lagi. Dia selalu cerita tentang gimana rasanya, serunya, cara maininnya, awalnya mesti gimana, terus abis itu gimana, blablabla. 

“Enggak usah les, otodidak aja kayak gue,”

“Belajarnya dari kunci-kunci dasar aja dulu, abis itu...”

Dan selalu gue jawab, “Iya, nanti kalau udah ada gitarnya mah gampang haha.”

Yak, masalah utamanya adalah... jeng jeng. Enggak ada gitar. Mau beli? Yang ada pasti dibilang “kamu udah bisa mainnya? Mending belajar dulu baru beli kalau udah bisa.” Kalau dipikir-pikir ya, kayak gitu nanti muter-muter terus kayak siklus krebs dan akhirnya gue enggak bisa main sampai kapanpun -_-

Jadi suatu hari ada kesempatan muncul. Temen kampus gue, Anin, suatu hari menitipkan gitarnya di kosan gue. Setelah minta izin, akhirnya gue coba-coba deh mainin sambil ngeliat chord-nya dari internet. Dan akhirnya... nada lagu-nya kedengeran. Yeay itu suatu prestasi banget bagi gua, walaupun pindah-pindah chordnya juga masih susah banget :v

Pesan moral dari cerita ini adalah... 3K.Keinginan, Kemampuan, dan Kesempatan. Keinginan? Jelas gue sangat tertarik. Kemampuan? Kemampuan di sini gue nilai dari sisi lingkungan. Lingkungan emang penting, sih, mau gimanapun juga. Dan gue sadar gue hidup di lingkungan yang enggak terlalu mementingkan seseorang bisa main musik atau enggak. Kalau dipikir-pikir, dari keluarga besar papa, yang bisa main gitar cuma satu. Pakde Agung (ayah-nya Mbak Ajeng). Usut punya usut, ternyata Mbah Kakung dulu enggak terlalu suka kalau anak-anaknya main musik. Pakde Agung aja sampai dimarahin waktu ketauan beli gitar. Papa dulu sempet diajarin sih main gitar katanya, itu juga belajarnya ngumpet-ngumpet di rumah belakang biar enggak ketahuan Mbah. Kelakuan -_- Tapi kalau lo mau usaha lebih, gue yakin lingkungan enggak akan sangat membatasi malah mungkin berbalik mendukung. Yang terakhir, kesempatan? Nah ini. Beberapa kali gue kayak dikasih “kesempatan” yang bener-bener buat ngebuktiin tekad gue. Dan hasilnya? Belum maksimal.

Yah, tuh kan, tambah mupeng main gitar setelah nulis ini -_- pokoknya nanti setelah gue bisa (entah kapan, doain aja haha), gue akan memposting video gue di sini atau di Youtube sekalian hahahaha (gaya aja dulu).

Yaudah doain gue, ya. Bye! Selamat hujan!

- Deska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar