Senin, 23 Desember 2013

Kuli-ah?



Yeay. Semester satu di masa perkuliahan ini selesai. Entahlah sih perasaannya gimana. Seneng, enggak seneng-seneng banget. Sedih, ngapain juga harus sedih. Datar-datar aja. Sedatar hati gue #skip.

Memenuhi janji yang tak tertuliskan #tsah, jadi kali ini gue mau nulis tentang masa perkuliahan. Kalian yang belum kuliah pasti pada kepo, kan? Atau kalian yang udah kuliah tapi penasaran sama kehidupan gue juga pasti pada kepo, kan? *halah* *kayak ada yang peduli, des*

Berhubung masuk di fakultas yang membahas tentang orang-orang –iya,termasuk membahas kamu kok—jadi gue mau bahas tentang perasaan dulu. Gimana sih rasanya kuliah? Well.. ya kayak orang kuliah. Excited awalnya. Takut juga iya. Apalagi, ya… ya gitu deh pokoknya susah dijelaskan dengan kata-kata :v Yang udah kuliah pasti tau maksud gue. Yang belum? Yah tunggu aja nanti kalian merasakannya juga kok haha.

Kalau mau lebih spesifik lagi, gimana sih rasanya jadi mahasiswa psikologi? Nah ini nih yang menarik buat dijawab. Orang-orang selalu bilang:

“Wah ngeri nih dibaca sama deska.” – iya, kalau kamu buku mah udah saya baca.

“Cie psikolog, nanti kalau curhat gue gratis, ya.” – yang ini, kok keliatannya gue mata duitan banget T.T

“Eh ramalin gue dong nanti jodoh gue siapa.” – sebelum ngeramalin lo, pasti gue ngeramalin diri sendiri dulu. Oh, ya, satu lagi, mending ngeramal cuaca.

*lagi sedih* *curhat sama orang* “Yaelah des, lo kan calon psikolog. Pasti bisa lah nyelesaiin masalah kayak gitu.” Well, bahkan psikolog pun butuh 'psikolog' sih gue rasa. Seenggaknya, teman curhat. Mereka enggak sedewa itu.

Dan komentar-komentar lainnya. Seneng banget sih bisa masuk dan belajar di tempat yang emang gue mau. Dan masih ‘jatuh cinta’ bahkan setelah gue masuk di dalamnya. Semua pelajarannya bikin enggak sabar buat gue ‘cobain’ di kehidupan nyata.  Semoga emang ini yang terbaik, aamiin. 

Oh, iya, ada selingan yang kocak. Jadi entah kenapa rata-rata anak Psiko sangat mengimpikan kampus mereka sebelahan sama anak Teknik #YKWIM. Tapi ada fakta yang mengejutkan. Rumornya ternyata ada fakultas lain yang menginginkan anak Psiko seperti anak Psiko menginginkan Teknik. Mereka adalah anak-anak… Fasilkom. Hahaha, iya, Fasilkom. Yel-yel mereka aja ada yang bilang kalau Psikologi jodoh mereka. Well, gue engga tau harus komentar apa :|

Sekarang mau bahas dari beberapa sisi nih di dunia perkuliahan ini.

Waktu
Yeah seperti kalian tahu, kuliah itu bebas enggak kaya waktu sekolah yang ditentuin masuk jam berapa, pulang jam berapa. Kalau kalian kuliah pagi jam 8, jam 12 bisa aja udah tidur-tiduran di kosan. Vice versa. Intinya mah kalau kuliah udah bisa nentuin waktu sendiri. Jam segini harus ngapain. Jam segitu harus ngapain. Apalagi yang ngekos. Enggak bisa mengatur waktu sedikit, kalian akan menjadi procrastinator. Dalam hal apapun. Tugas, makan, bahkan nyuci baju.

       Teman
Awalnya gue pikir gue enggak akan punya temen-temen yang deket banget kayak waktu di SMA, mengingat kelas yang engga pernah sama orang-orangnya. Enggak kayak waktu di SMA yang sekelas sama dia-dia aja. Eh ternyata enggak juga. Gue nemuin Ulala di masa perkuliahan ini :3 Ada Anin, Vissia, Devy, Xenia, Enggar, Nades, dan Intan. Kalau lagi enggak kelas, biasanya sih bareng makhluk-makhluk ini. Well disamping mereka, gue juga punya banyak temen akibat dari kelas yang selalu berganti-ganti setiap mata kuliah. Seru sih, jadi bisa kenal satu angkatan utuh gitu :3

Tugas
Nah ini yang berat. Dari dulu gue orangnya sangat individualistis. Susah kalau harus kerja kelompok. Makanya paling malas kalau udah denger tugas yang pakai embel-embel “kelompok”-nya.
Semuanya berubah saat gue masuk Psikologi. Semua –hampir , sih—tugas adalah kelompok. Gue harus membiasakan diri gue ini untuk membuat sesuatu secara bersama. Belajar toleransi. Belajar menghargai. Dan belajar banyak hal lainnya.
Gue sempet takjub sendiri kalau lagi ngerjain tugas kelompok yang akhirnya selesai. Seringnya kejadian kayak gini. Misalnya waktu itu gue ada tugas buat poster mata kuliah MMI. Di saat ngerjain, enggak semua orang bisa ngumpul karena pasti ada temen yang bentrok ngerjain tugas kelompok lainnya bareng temen yang lain. Tapi bukan berarti dia jadi free rider. Mereka tetep dateng, gimana pun  caranya dan bantu-bantu ngerjain yang lain. Begitu juga gue, di saat ngerjain MMI, gue minta ijin bentar buat ke kelompok PsiUm gue dulu yang waktu itu lagi bikin makalah hasil penelitian. Dengan toleransi gitu, semua tugas akhirnya selesai kok tanpa harus merasa ada yang dirugikan :’)

Oke cukup segitu dulu aja. Masih kangen ya sama tulisan gue? Sebenernya masih banyak yang mau ditulis hehe :v Dilanjut nanti ya, biar pada kepo. Bye!

- Deska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar